Minggu, 05 Juni 2011

Perkenalan Diri dalam Bahasa Jepang


Perkenalan Diri (Jikoshoukai, 自己紹介)
Hajimemashite, はじめまして = Senang bertemu Anda.
Watashi wa …. desu,
わたしはです = Saya (nama saya) adalah …
Douzo yoroshiku
どうぞよろしく= Mohon bimbingannya (arti harfiahnya = mohon kebaikan Anda)
Dalam Bahasa Jepang, Jikoshoukai biasanya ada 3 urutan yang umum diucapkan, seperti pada contoh di atas.
  1. Memulai perkenalan diri. Senang berkenalan dengan Anda. Nice to meet you (dlm bhs Inggris).
    • Hajimemashite, はじめまして.
  2. Memperkenalkan diri. Perkenalkan nama, kebangsaan, pekerjaan, dll atribut Anda.
    • Watashi wa … desu, わたしはです = Saya (nama saya) adalah …
    • Watashi no namae wa … desu, わたしの名前はです = Nama saya adalah …
    • Namae wa … desu, 名前はです = Nama (saya) adalah …
    • Watashi wa … to moushimasu, わたしはと申します = Saya dipanggil (nama saya) … <– jauh lebih sopan/ menghormat.
  3. Mohon bombingannya.
    • Yoroshiku, よろしく
    • Douzo yoroshiku, どうぞよろしく
    • Douzo yoroshiku onegai shimasu, どうぞよろしくおねがいします <– paling sopan.
Pada bagian (2) memperkenalkan atribut diri, bisa dikembangkan misalnya :
Watashi wa Indoneshia no Andi desu, わたしはインドネシアのアンディーです = Saya Andi yang berkebangsaan Indonesia.
Watashi wa Indoneshia jin desu, わたしはインドネシアじんです = Saya orang Indonesia.
Watashi wa Indoneshia kara kimashita, わたしはインドネシアからきました = Saya datang dari Indonesia.
Watashi wa sensei desu, わたしはせんせいです = Saya adalah guru.
Jika perkenalan diri sudah selesai, maka pihak lawan bicara akan menjawab :
Kochira koso yoroshiku onegai shimasu, こちらこそよろしくおねがいします = Saya juga mohon bimbingan Anda.
Contoh Percakapan :
Misalnya, Andi, seorang mahasiswa dari Indonesia datang ke Jepang, kemudian memperkenalkan diri kepada Tn Nakata.
Tn. Andi : Hajimemashite. Watashi wa Andi to moushimasu. Indoneshia kara kimashita. Watashi wa gakusei desu. Douzo yoroshiku onegai shimasu.
Tn. Nakata : Kochira koso yoroshiku onegai shimasu.
Kosa Kata Baru :
Na-ma-e, 名前 = nama
Sen-sei, せんせい = guru
Ga-ku-sei, がくせい = mahasiswa
Ka-i-sya-in, かいしゃいん = karyawan
Kei-sa-tsu-kan, けいさつかん = polisi
I-sya, いしゃ = dokter
Kan-go-fu, かんごふ = perawat
Hi-syo, ひしょ = sekretaris
In-do-ne-shi-a, インドネシア = Indonesia
A-me-ri-ka, アメリカ = Amerika (Serikat)
Me-ki-shi-ko, メキシコ = Meksiko
Fu-ran-su, フランス = Perancis
I-gi-ri-su, イギリス = Inggris
Oo-su-to-ra-ri-a, -ストラリア = Australia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar